Langsung ke konten utama

Acetylcysteine

 

Acetylcysteine

Acetylcysteine


Acetylcysteine atau Alstein, Dorbigot, Hidonac, Mucylin, Nytex, Pectocil, Simucil 200 adalah penawar bagi seseorang terlalu banyak mengkonsumsi parasetamol sehingga overdosis.

Acetylcysteine diberikan kepada pasien dengan masalah gangguan kronis dan bronkopulmonalis yang telah akut seperti pada pneumonia, tracheobronchitis, bronkitis, emfisema,  bronkitis kronis asma,  TBC, atelektasis atau pengerutan jaringan paru yang diakibatkan oleh lendir yang menyumbat.

Pengidap penyakit kista fibrosis paru, pada umumnya akan berdahak normal sehingga menjadikan lengket pada saluran pernafasan. mukolitik inilah salah satunya yang dapat digunakan untuk mencairkan dahak pada saluran pernapasan.

Cara Kerja Acetylcysteine

Selain sebagai pengencer dahak, acetylcysteine memiliki efek melindungi sel hati dari keracunan akibat parasetamol.
Efek Samping yang di timbulkan obat ini dapat menimbulkan efek samping penyempitan saluran udara pada paru-paru, angiedema atau pembengkakkan pada jaringan bawah kulit, wajah kemerahan, gatal-gatal, mual, muntah, demam, pingsan, berkeringat, athralgia (nyeri pada sendi), pandangan kabur, pH darah menjadi asam, gangguan fungsi hati, kebingungan, henti jantung, iritasi mata. Maka segera konsultasikan dengan dokter jika Kamu mengalami salah satu atau beberapa efek samping tersebut.

Pemakaian Obat Acetylcysteine

Acetylcystein umumnya berbentuk suspensi yang mana obata ini harus dilarutkan dahulu dengan air sebelum diminum bersamaan dengan makanan. Pasien yang mempunyai riwayat penyempitan bronkus paru dan pada pasien yang memiliki penyakit lambung sebaiknya hati-hati menggunakan obat ini.

Ibu hamil dan menyusui juga berbahaya penggunaan dapat menyebabkan pandangan mata kabur sehingga pasien yang mengkonsumsi obat ini dilarang berkendara atau mengoperasikan mesin.

Sebagai mukolitik atau pengencer dahak obat ini mempunyai dosis Dewasa 1-2 ml larutan 10% atau 20% setiap jam. untuk dewasa dan anak anak sama

Dosis Acetylcysteine unuk keracunan parasetamol 
Dewasa: dosis awal 150 mg/kg (maks. 16,5g) dalam larutan 200 ml selama 60 menit, kemudian 50mg/kg (maksimal 5.5g) dalam larutan 500 ml selama 4 jam, lalu lanjutkan 100mg/kg (maks. 11g) dalam larutan 1L untuk 16 jam ke depan.
Untuk anak-anak 40 kg: sama dengan dosis dewasa.

Obat acetylcystein tidak bisa digunakan bersamaan dengan obat - obatan berikut ini karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya, yaitu amphotericin B (obat infeksi jamur), Na Ampicillin, erythromycin lactobionate dan beberapa antibiotik golongan tetrasiklin.

Postingan populer dari blog ini

Alasan buah dan sayuran dapat diolah menjadi minuman kesehatan

Apakah anda ingin tahu alasan dati sayuran dan dan buah yang bisa diolah menjadi minukan kesehatan? alasan kenapa eh kenapa ko bisa di olah menjadi minuman kesehatan adalah karena didalam buah dan sayur mengandung serat alami mineral dan juga vitamin, dan prosesnya rata-rata untuk anak jaman now adalah dengan menjadikannya sebagai juice sehingga tidak perlu memasaknya terlebih dahulu. namun selain cara ini anda bisa juga memarutnya lalu memeras dari buah atau sayur tersebut, namun cara ini akan memakan waktu yang cukup lama akan tetapi apanila anda memarutnya maka tidak akan ada nutrisi yang terbabakar yang diakibatkan kearena proses perputaran yang terlalu berlebihan dan menghasilkan panas akan menghancurkan nutrisi. Syarat dari minuman dan makanan sehat itu sendriri adalah ketika protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral serta air seimbang sesuai yang diperlukan oleh tubuh manusia. nah apabila terjadi kehancuran salah satu zat tersebut ketika sedang di blender maka alhasil kurang

Acrivastine

 Obat Acrivastine Acrivastine adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rhinitis (peradangan atau iritasi di lapisan dalam hidung) akibat perubahan musim. Selain itu acrivastine juga bisa untuk digunakan sebagai obat idiopati urtikaria kronis atau dalam bahasa mudahnya obat gatal-gatal atau biduran yang mana belum diketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebab dari gatal itu. Cara Kerja Obat Acrivastine Acrivastine adalah merupakan obat antihistamin (salahsatu dari kelompok obat-obatan yang kegunaannya adalah untuk mengobati terhadap reaksi alergi). Obat ini bekerja dengan cara mengatasi reaksi alergi yang muncul didalam tubuh. Efek Samping obat Acrivastine Untuk efek samping yang umum di timbulkan Acrivastine adalah mengantuk, gelisah, insomnia, serta mulut kering.  Pemakaian Obat Acrivastine Gunakan acrivastine sesuai dengan instruksi dari dokter. Jangan menggunakan terlalu banyak atau berhentilah menggunakan Acrivastine, jika tidak memperoleh izin atau resep dari dokter .  Jangan

Acarbose

  Obat Acarbose Acarbose adalah obat anti diabetes yang digunakan untuk menangani diabetes, Nama Paten dari Acarbose adalah Acrios, Glubose. Penggunaan Obat Acarbose acarbose  ialah salah satu dari obat yang di gunakan untuk pengobatan pada penyakit diabetes melitus (DM) tipe 2. akan tetapi obat ini hanya di peruntukkan pada penderita penyakit diabetes mellitus yang mana memang sudah tidak bisa diobati atau di lakukan terapi menggunakan obat antidiabetes yang penggunaanya yaitu dengan cara diminum lainnya.  Cara Kerja Obat Acarbose cara kerja obat ini adalah didalam dengan cara melakukan penghambat pada perubahan sukrosa yang akan menjadi glukosa dan fruktosa. Dengan demikian tubuh pasiean dapat mengontrol kadar gula dalam darahnya. Efek Samping Obat Acarbose untuk meminum Obat acarbose sebaiknya dilakukan secara bersamaan dengan saat anda makan, karena acarbose biasanya diminum bersaan dengan suapan yang pertama saat sang pasien makan. Meskipun aman akan tetapi obat ini lebih baik jik