Langsung ke konten utama

Acetazolamide

Pengertian Acetazolamide

Acetazolamide


Acetazolamide merupakan obat golongan diuretik yang mana obat ini dapat digunakan untuk mencegah dan mengurangi gejala penyakit ketinggian, seperti kelelahan, sakit kepala, pusing, muntah, dan sesak napas. Gejala ini biasanya dialami oleh seorang yang sedang melakukan pendakian untuk menuju dataran yang tinggi yaitu di atas 3.000 meter di atas permukaan laut dengan kecepatan laju yang terlalu cepat.

Penggunaan Acetazolamide

Acetazolamide dapat digunakan sebagai tambahan obat lain untuk mengobati berbagai jenis penyakit glukoma, yaitu glukoma sudut terbuka, glukoma sekunder, atau sebelum melakukan operasi glukoma dengan sudut tertutup. karena Acetazolamide ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah cairan yang dapat menumpuk pada bola mata yang menyebabkan ketegangan pada dalam bola mata, yang disebabkan oleh glukoma. Tidak hanya berada dimata, penumpukan cairan yang berada pada tubuh (bengkak/edema) namun akibat penyakit gagal jantung kongestif juga.

Kinerja dari obat Acetazolamide dapat menurun seiring berjalannya waktu, oleh sebab itu hanya akan digunakan dengan durasi yang cukup singkat. Acetazolamide rupanya obat ini juga bisa digunakan sebagai tambahan obat lain untuk mengobati penyakit epilepsi.

Cara Kerja Acetazolamide

cara kerja obat ini adalah dengan meningkatkan pengeluaran air dari tubuh anda melalui ginjal sehingga bisa menurunkan tekanan didalam bola mata dan mengempiskan yang bengkak yang disebabkan oleh adanya penumpukan cairan. 

Efek Samping obat Acetazolamide

Efek samping yang ditimbulkan oleh Acetazolamide di antaranya mual, nafsu makan berkurang, muntah, diare, gangguan alat pengecap, kesemutan, dan yang paling mengerikan adalah libido menurun. akan tetapi ada  pula efek samping yang cukup jarang terjadi seperti kebingungan, mengantuk, gangguan pendengaran dan  demam.

Pemakaian Obat Acetazolamide

Cara mengonsumsi acetazolamide sebaiknya bersamaan dengan makanan. Dan anda harus berhati-hati jika menggunakan obat acetazolamide apabila anda menderita diabetes mellitus dan sudah mempunyai usia yang lanjut.

Dosis Acetazolamide

dosis dari acetazolamide adalah 0.25-1 g sehari. Untuk terapi penyakit epilepsi, pemberiannya juga dapat diminum atau dengan cara suntikan, dengan dosis 0.25-1 g sehari; untuk anak 8-30 mg/kg sehari, maksimal penggunaan dari obat ini adalah obat 750 mg sehari.

Interaksi

Awas. Acetazolamide dapat mempunyai dampak berbahaya apabila dikombinasikan dengan obat yang lain sehingga sebaiknya sebelum anda konsultasikanlah dengan dokter atau apoteker apabila anda akan mengkombinasikan dengan obat-obatan lainnya.

Postingan populer dari blog ini

Alasan buah dan sayuran dapat diolah menjadi minuman kesehatan

Apakah anda ingin tahu alasan dati sayuran dan dan buah yang bisa diolah menjadi minukan kesehatan? alasan kenapa eh kenapa ko bisa di olah menjadi minuman kesehatan adalah karena didalam buah dan sayur mengandung serat alami mineral dan juga vitamin, dan prosesnya rata-rata untuk anak jaman now adalah dengan menjadikannya sebagai juice sehingga tidak perlu memasaknya terlebih dahulu. namun selain cara ini anda bisa juga memarutnya lalu memeras dari buah atau sayur tersebut, namun cara ini akan memakan waktu yang cukup lama akan tetapi apanila anda memarutnya maka tidak akan ada nutrisi yang terbabakar yang diakibatkan kearena proses perputaran yang terlalu berlebihan dan menghasilkan panas akan menghancurkan nutrisi. Syarat dari minuman dan makanan sehat itu sendriri adalah ketika protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral serta air seimbang sesuai yang diperlukan oleh tubuh manusia. nah apabila terjadi kehancuran salah satu zat tersebut ketika sedang di blender maka alhasil kurang

Acrivastine

 Obat Acrivastine Acrivastine adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rhinitis (peradangan atau iritasi di lapisan dalam hidung) akibat perubahan musim. Selain itu acrivastine juga bisa untuk digunakan sebagai obat idiopati urtikaria kronis atau dalam bahasa mudahnya obat gatal-gatal atau biduran yang mana belum diketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebab dari gatal itu. Cara Kerja Obat Acrivastine Acrivastine adalah merupakan obat antihistamin (salahsatu dari kelompok obat-obatan yang kegunaannya adalah untuk mengobati terhadap reaksi alergi). Obat ini bekerja dengan cara mengatasi reaksi alergi yang muncul didalam tubuh. Efek Samping obat Acrivastine Untuk efek samping yang umum di timbulkan Acrivastine adalah mengantuk, gelisah, insomnia, serta mulut kering.  Pemakaian Obat Acrivastine Gunakan acrivastine sesuai dengan instruksi dari dokter. Jangan menggunakan terlalu banyak atau berhentilah menggunakan Acrivastine, jika tidak memperoleh izin atau resep dari dokter .  Jangan

Acarbose

  Obat Acarbose Acarbose adalah obat anti diabetes yang digunakan untuk menangani diabetes, Nama Paten dari Acarbose adalah Acrios, Glubose. Penggunaan Obat Acarbose acarbose  ialah salah satu dari obat yang di gunakan untuk pengobatan pada penyakit diabetes melitus (DM) tipe 2. akan tetapi obat ini hanya di peruntukkan pada penderita penyakit diabetes mellitus yang mana memang sudah tidak bisa diobati atau di lakukan terapi menggunakan obat antidiabetes yang penggunaanya yaitu dengan cara diminum lainnya.  Cara Kerja Obat Acarbose cara kerja obat ini adalah didalam dengan cara melakukan penghambat pada perubahan sukrosa yang akan menjadi glukosa dan fruktosa. Dengan demikian tubuh pasiean dapat mengontrol kadar gula dalam darahnya. Efek Samping Obat Acarbose untuk meminum Obat acarbose sebaiknya dilakukan secara bersamaan dengan saat anda makan, karena acarbose biasanya diminum bersaan dengan suapan yang pertama saat sang pasien makan. Meskipun aman akan tetapi obat ini lebih baik jik